News Ticker

Ngomongin Tentang Pilkada DKI (Komentar)

Topik: Politik
Panjang: ± 900 kata.
Waktu: ± 5 menit. 
TLDR: Ada lumayan banyak hal yang menarik untuk diikuti di Pilkada DKI 2012.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

In the name of Allah, the Most Beneficient, the Most Merciful

Hallo Hallo lewat tulisan ini saya mau ngomentarin sedikit tentang even yang lagi heboh di jakarta dan sekitarnya. :D

Well, sebenernya saya bukan penduduk Jakarta, secara saya tinggal di bekasi yah, jadi ktpnya juga bekasi. hehe. Tapi ada alasana kenapa saya pengen ikutan komentar juga. Soalnya, mau gak mau, siapapun yang jadi “orang nomer 1 di jakarta” nantinya, bekasi akan kena imbasnya juga (yang pada akhirnya saya juga yang kena x_X)! Positif ato negatifnya, pasti deh bekasi kena imbasnya, karena Bekasi dan Jakarta itu adalah 2 daerah yang berbatasan langsung. Dan FYI, sebagian besar penduduk Bekasi mempunyai mata pencaharian di daerah Jakarta dan sekitarnya.

Dengan kata lain, keberhasilan pemerintah Jakarta membenahi masalah transportasinya akan membuat saya lebih nyaman melaju di Jakarta. Dan keberhasilan pemerintah Jakarta untuk membenahi keamanannya, akan membuat saya semakin tenang untuk berjalan di daerah Jakarta pada malam hari.

War of the titans

Hal paling menarik dari Pilkada DKI Jakarta kali ini adalah calon-calonnya yang menurut saya kuat-kuat. Ada calon incumbent, mantan ketua MPR, gubernur Sumatera Selatan, walikota Solo, dan juga 2 orang calon independent. Dan tidak hanya itu, dukungan dari partai-partai besar pun terpecah menjadi 4 bagian besar:

– Partai Demokrat mendukung pasangan no 1. (Foke-Nara)

– PDIP dan Gerindra mendukung pasangan no 3. (Djokowi-Ahok)

– PKS mendukung pasangan no 4. (Hidayat-Didik), dan

– Golkar, PPP, dan PDS mendukung pasangan no 6. (Alex-Nono)

Selalu menarik melihat banyak raksasa bertarung. :D

Kampanye Masih Ada yang Tidak Berisi

Okeh, hal pertama yang saya mau soroti. Cukup geli yah sebenernya, jaman  sekarang masih aja ada orang yang nebar kampanye tapi gak ada isinya. Kita ambil contoh, ada satu pasangan yang mengiklankan bahwa pilkada lebih baik 1 putaran saja, jangan sampai lebih. Kenapa? Karena mereka berpendapat bahwa uang yang akan digunakan untuk pilkada putaran ke-2 (185 Miliar rupiah [1]) lebih baik digunakan untuk keperluan masyarakat.

Komentar saya:

Emang sih kalo pilkada berjalan 2 putaran, maka pilkada akan memakan uang lebih besar sebanyak 185 miliar rupiah. Tapi coba deh dipikir, lebih mending mana? Hemat 185 miliar rupiah tapi salah pilih, atau menghabiskan uang lebih banyak 185 miliar rupiah tapi bisa menyelamatkan APBD DKI Jakarta yang jumlahnya tahunannya mencapai 36 Triliun [2]! atau sekitar 180 Triliun untuk 5 tahun ke depan! Artinya:

Dipertaruhkan uang APBD yang jumlahnya 1000 kali lebih besar daripada jumlah pilkada putaran 2!

Dan adalah sesuatu yang tidak valid dan taktis menurut saya untuk mempermasalahkan pilkada putaran 2 yang jumlahnya tidak seberapa dibanding uang APBD yang dipertaruhkan.

Lagi-Lagi Masalah DPT

DPT DPT DPT dan DPT! Sebenernya saya amat sangat bingung yah, kenapa selalu saja DPT menjadi masalah. Kalau kita lihat di berita-berita yang ada di media massa, kita bisa melihat bahwa DPT yang akan digunakan untuk proses Pilkada DKI 2012 bermasalah. Yang saya bingung adalah, apakah mereka tidak belajar? atau sengaja dibuat bermasalah? Masak sih dari pilkada ke pilkada masalahnya tidak berubah? Khan bisa dibuat sistem yang bagus untuk mengatasi masalah ini, sehingga DPTnya tidak akan bermasalah, dan saling tumpang tindih.

Tolong dibuat sistem yang bagus tentang DPT ini, berapapun mahalnya. Kenapa? Karena menurut saya, DPT ini adalah komponen paling utama di dalam sebuah proses pemilu. Disinilah tindak kecurangan banyak dilakukan, dan dengan memiliki DPT yang akurat, maka tindak kecurangan itu akan bisa diminimalisir, dan pemilu pun akan berjalan lebih lancar dan tertib.

Hari Tenang yang Tidak Benar-Benar Tenang

Menurut jadwal Pilkada DKI 2012, 8-10 Juli 2012 adalah masa tenang kampanye sebelum hari pencoblosan tanggal 11 Juli 2012 Besok. Artinya, pada tanggal 8-10 Juli ini, tidak boleh ada atribut ataupun kampanye (baik terselubung ataupun tidak) yang dilakukan oleh cagub dan cawagub DKI, tidak pula banner, baliho, umbul-umbul, apalagi kampanye terbuka.

Tapi yah ternyata teori tinggal teori. Jadwal dan peraturan ada untuk dilanggar. Banyak liputan di tivi dan koran yang masih menunjukkan bahwa atribut-atribut calon masih bertebaran di mana-mana. Bahkan tadi, ketika saya sedang menuju ke arah kelapa gading (dari arah Bekasi-Pulo Gadung), masih ada sesuatu yang menurut saya adalah kampanye terselubung dari salah satu kandidat peserta Pilkada DKI 2012.

Kampanye terselubung itu ditayangkan oleh megatron yang ada tepat di jalan masuk boulevard Kelapa Gading (yang pernah lewat sana pasti tau megatron ini). Isinya apa? Isinya tentang perkembangan jakarta selama masa kepemimpinan seorang calon, dan bahwa Pembangunan jakarta akan semakin baik ke depannya. Parahnya lagi, megatron ini jelas-jelas menampilkan gambar calon gubernur DKI tersebut! Gak ada gambar si calon itu aja menurut saya tidak fair, apalagi jelas-jelas ada x_x.

Memang sih, kalau mengcounter pendapat saya ini, tinggal bilang saja kalau itu adalah iklan jakarta, dan tidak ada hubungannya dengan pilkada 2012. Kata bisa dirangkai untuk meliukkan fakta. Tapi tetap saja, semua orang yang bisa berfikir, pasti tahu bahwa itu adalah kampanye terselubung. hff.

Kesimpulan

Pilkada DKI Jakarta 2012 ini merupakan salah satu pemilu yang paling menarik yang pernah saya ikuti beritanya (karena banyak calon kuat). Namun sayangnya, masih banyak masalah lama serta kampanye-kampanye tidak berisi yang lagi-lagi terulang di pemilu kali ini. Dan seharusnya KPU malu yah kalo masalah yang sama berulang-ulang lagi, karena itu artinya mereka tidak belajar secara baik dari pilkada yang sudah-sudah.

Well then, sebagai penutup, jangan lupa yah besok 11/07/2012 dateng ke TPS terdekat untuk nyoblos (bukan nyontreng) calon-calon jagoan pembaca. Semoga yang terbaik dan yang jujur yang menang. Demi Jakarta (dan Bekasi) yang lebih baik. :D

Sumber 

[1] Liputan 6 dot com. “Diharapkan Pilkada DKI Cukup Satu Putaran”. Diakses Juli 10, 2012, dari http://berita.liputan6.com/read/418334/diharapkan-pilkada-dki-cukup-satu-putaran.

[2] Berita Jakarta dot com. “APBD DKI 2012 Ditetapkan Rp 36,023 Triliun”. Diakses Juli 10, 2012, dari http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=47728.

*gambar diambil dari: http://kangasepsule.blogspot.com/2012/07/calon-gubernurcawagub-jadwal-pilkada.html

Advertisements
About wahidyankf (186 Articles)
JavaScript Developer. His life-motto is "Learning, Dreaming, and Enjoying life".

3 Comments on Ngomongin Tentang Pilkada DKI (Komentar)

  1. Ulasan tentang Hasil Pilkada DKI Jakarta 2012 Putaran Kedua mendatang dapat Anda lihat di situs kami. Bagi warga DKI Jakarta jangan lupa gunakan hak pilih Anda ya.

    Like

  2. Ini rekam jejak politik AHOK : TH 2004 anggots DPRD Kab. BELTIM mewakili PIB; Th 2005 s/d pertengahan 2007 Bupati BELTIM; 2007 mencalonkan diri sbg Gub Prov BABEL (KALAH); 2009 ANGGOTA DPRD.RI (P.GOLKAR); 2012 Wacagub DKI JKT (P.GRINDRA), nexs……?

    Like

  3. Yang menang tetap yang bersih dan berwibawa serta berjiwa kepemimpinan.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: