News Ticker

Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 1/5: Teaser, Disclaimer and Background

Topik: Menghafal Al Qur'an
Panjang: ± 1100 kata.
Waktu: ± 6 menit.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

In the name of Allah, the Most Beneficient, the Most Merciful

Halooo blog.. Long time no see!!! :D Kali ini saya mau coba share tentang tips menghafalkan Al Qur’an dalam X (sekian) tahun. Kenapa X tahun? Well, karena sebenarnya saya tidak tahu (lebih cenderung tidak menargetkan) kapan saya bisa hafal Al Qur’an secara keseluruhan. Mungkin bisa 10, 20, 30 tahun, atau malah lebih lama dari itu. Entahlah. Saat ini hanya Allah yang tahu kapan saya bisa selesai menghafalkan Al Qur’an, dan tugas saya sebagai hamba-Nya hanya berusaha mendekatkan diri semampu saya (walaupun ini jelas relatif). :D

Opening

Okeh, sebelum saya mulai menulis tentang tips menghafalkan Al Qur’an di sini, ada beberapa hal tentang artikel ini yang menurut saya perlu diketahui oleh para pembaca sekalian.

1. Saya bukanlah siapa-siapa.

Saya bukan ulama atau orang yang mempunyai pengetahuan mendalam mengenai Islam. Serius. Saya bukan siapa-siapa. Jadi silakan anda berhenti di sini jika anda ingin mendapatkan tips dari ulama dan orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang Islam. Saya yakin mereka akan lebih bisa memberikan tips yang lebih oke dari pada saya. :)

2. Saya masih supeeeerrrrr jauh dari menghafalkan Al Qur’an secara keseluruhan.

Iyah, beneran. Saya masih jauuuuuuuhhh banget dari yang namanya penghafal Al Qur’an. Sejujurnya, saat tulisan ini pertama kali di tulis, saya baru menghafalkan tidak lebih dari 4 halaman paling belakang dari Al Qur’an. Nah Lohh!!!

3. Kalau 1 dan 2, terus kenapa sharing???

Well, sejujurnya agak bingung juga kenapa. Karena saya suka menulis iyah.. Karena saya suka sharing juga iyah.. Tapi mungkin alasan yang paling utama adalah karena saya ingin para pembaca lainnya yang juga memiliki niat dan hasrat yang sama dengan saya (menghafalkan Al Qur’an) bisa mendapatkan sedikit rasa “ditemani” dan syukur-syukur bisa makin pede (dengan izin Allah tentunya) untuk mulai (atau terus) menghafalkan Al Qur’an. Kenapa? Karena kalau orang biasa dengan keseharian yang super biasa dan jelas-jelas gak bakat hafalan (seriously, I always hate to memorize things most of the time) seperti saya aja bisa pede untuk memulai perjalanan ini, apalagi anda yang mungkin lebih berbakat daripada saya. :)

4. To whom it may concern I write this article for.

Okeh, pertanyaan!!! Terus artikel ini untuk siapa? Artikel ini saya tulis untuk orang-orang biasa seperti saya. Orang-orang yang tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang yang mempelajari agama secara “serius” (full time), hanya punya kemampuan berbahasa arab seadanya (itu pun kalo ada), namun tetap berusaha untuk menyempatkan mendekatkan diri kepada Allah di tengah padatnya deadline tugas dan pekerjaan yang semakin menghimpit. Juga untuk orang-orang yang merasa tidak berbakat di dalam bidang hafal menghafal (yang lagi-lagi seperti saya). Iyah serius, saya tidak menganggap kegiatan hafal menghafal sebagai sesuatu yang saya andalkan. Masih teringat buliran keringat yang menetes di dahi ketika saya harus menghafalkan nama-nama bakteri di pelajaran biologi SMA, juga ketika saya harus menghafalkan banyak kata-kata bahasa asing untuk ujian bahasa. X_x Artikel ini saya tulis khusus untuk kalian semua. :)

5. Pembagian Isi Tulisan

Mari berlanjut ke pembagian isi dari tulisan ini. Tulisan ini akan saya bagi menjadi 3 bagian besar:

  1. Teaser, Disclaimer, and Background.
    Sesuai judulnya, bagian 1 (artikel yang sedang anda baca ini) akan berisikan tentang garis besar tulisan dan juga latar belakang penulisan artikel ini.
  2. The Motivation.
    Di bagian ini akan saya coba tuliskan beberapa hal yang bisa menjadi tambahan motivasi kita di dalam mempelajari dan menghafalkan Al Qur’an.
  3. The Mind Set.
    Sebelum masuk ke hal teknis menghafalkan Al Qur’an, ada beberapa hal yang menurut saya penting untuk kita jadikan mind set di dalam (dan juga sesudah) perjalanan kita menghafalkan Al Qur’an. Dan bagian yang ketiga ini akan saya dedikasikan untuk membahas hal tersebut.
  4. The Tools.
    Salah satu hal yang menguntungkan dari hidup di dalam era informasi adalah kita punya banyak perlengkapan yang bisa kita pakai untuk membantu perjalanan kita di dalam menghafalkan Al Qur’an. Pada bagian keempat dari tulisan ini, akan saya tulis alat bantu apa saja yang mungkin akan bisa pembaca gunakan di dalam menghafalkan Al Qur’an. :D
  5. Tactis and Technical Stuffs.
    Setelah bagian 1, 2, 3 dan 4, sekarang saatnya kita mulai masuk ke teknik menghafalkan Al Qur’an. Pastinya saya yakin ada banyak banget cara untuk menghafalkan Al Qur’an, namun yang akan saya sharing pada bagian ini adalah berbagai hal teknis yang biasa saya lakukan (dan insya Allah bisa bermanfaat) di dalam proses penghafalan Al Qur’an.
  6. Troubleshooting and Fine-Tuning
    Pada bagian ini saya akan mencoba untuk menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin ada (dan belum dibahas di 5 tulisan di atas) pada saat proses penghafalan Al Qur’an. Dan tidak seperti pada 5 bagian sebelumnya, bagian ini mungkin akan bersifat relatif tidak terstruktur dan tidak kohesif. Sebab itulah bagian ini saya beri nomer 5+. :)
6. Terjemahan hadist dan Al Qur’an di tulisan ini akan diberikan di dalam bahasa inggris.

Okeh, pertanyaannya adalah: kenapa? Well, karena saya bisa langsung co-pas dari web sunnah.com dan quran.com. Di samping itu saya juga bisa langsung periksa ulang isi dari web tersebut dengan buku hadist yang saya punya. :D Terus bagaimana dengan para pembaca yang kebetulan memiliki keterbatasan di dalam bahasa inggris? Jangan khawatir! Saya juga akan menyertakan nomer dan referensi buku hadist yang saya tulis di tulisan ini. Jadi para pembaca sekalian bisa mengeceknya langsung di dalam buku hadist edisi bahasa indonesia. :D

7. This article is designed to be a living (and a diary) article.

Artikel ini akan saya tulis sebagai “living article“. Artinya, saya akan terus merevisi dan juga menambahkan apa yang perlu ditambahkan pada seri artikel ini seiring dengan perjalanan saya menghafalkan Al Qur’an.

8. This will be a very long long long long long (to infinity) and (hopefully) not a boring article.

Dan terakhir, kemungkinan besar artikel ini akan menjadi artikel yang super panjang. Serius, su-per-pan-jang. Mungkin akan jadi artikel terpanjang yang saya tulis di blog saya. Jadi sabar-sabar yak bacanya. Insya Allah akan ada satu-dua hal yang akan bisa dipetik dari artikel ini. :D

End of Part 1

Well then, this is the end of part 1 of 3 from this series. Sembari menunggu saya menerbitkan bagian ke 2, mari kita sama-sama menyeruput kopi sambil nonton film ini (Traveler with The Qur’an) untuk menambah motivasi kita di dalam menghafalkan Al Qur’an. :D

Traveler with The Qur’an – Season 1

Traveler with The Qur’an – Season 2

Semua yang benar di tulisan ini datangnya dari Allah, dan yang salah dari saya pribadi. Semoga bermanfaat. :)

———-

Tulisan selengkapnya tentang tips menghafalkan Al Qur’an:

Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 1/5: Teaser, Disclaimer and Background

Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 2/5: The Motivation

Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 3/5: The Mind Set

Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 4/5: The Tools

Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 5/5: Tactics & Technical Stuffs

– Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 5+/5: Troubleshooting & Fine-tuning

About wahidyankf (186 Articles)
JavaScript Developer. His life-motto is "Learning, Dreaming, and Enjoying life".

2 Comments on Tips Menghafal Al Qur’an Dalam Waktu X Tahun – Bagian 1/5: Teaser, Disclaimer and Background

  1. Semangat menghafal, kawan… :)
    Semoga dimudahkan…
    di kampus di Indonesia sudah pada ada, UG* menghafal ar Rahman, Una*r, *I, mungkin kamu bisa menginisiasi di Jerman, hehehe :D

    Like

Leave a Reply

