News Ticker

Ibu Juga Perempuan..

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

In the name of Allah, the Most Beneficient, the Most Merciful

Sore ini saya merenung dan terhenyak. Duduk termenung di antara tumpukan kertas penuh coretan pensil bertuliskan huruf P dan lambang cacing, juga secangkir teh hijau yang masih juga menolak untuk disruput. Sore ini, sudah seperempat abad lebih berlalu, namun entah kenapa terkadang saya masih juga lupa. Terlupa kalau Ibu juga perempuan biasa yang terlepas dari betapa kuat dan baiknya, juga ingin dimanja meski tak pernah berkata.

Sering saya terlupa. Terlupa bahwa sayang kepada Ibu bukan hanya memberi barang ini-itu dan mengontak seminggu sekali, akan tetapi juga bertanya dan menyapa beliau. Ibu lagi apa? Ibu sudah makan? Ibu gimana hari ini? Ibu ada cerita apa? Ibu sehat? Ibu jaga kesehatan yah. Terima kasih untuk semua doa dan restu yang gak pernah putus dari Ibu untuk Mas Yoka. Mas Yoka sayang dan kangen banget sama Ibu. Tapi entah kenapa lidah ini terlalu kelu untuk berkata demikian.

Kenapa selalu begini? Bukankah Islam mengajarkan untuk selalu memuliakan dan membuat hati Ibu senang? Bukankah nama Ibu yang disebut 3 kali sebelum Bapak? Bukankah Islam juga yang mengajarkan kalau restu ibu itu penting? Lalu kenapa saya masih juga seperti ini? Apakah perlu untuk semuanya menjadi terlambat baru kemudian saya menyesal tanpa ada kesempatan untuk membenarkan lagi?

Apa karena lelaki yang memang sifat dasarnya cuek? Terbiasa dengan hal yang terlihat “besar” dan melupakan hal yang tampaknya “kecil”? Gak juga, sepertinya itu hanya pembenaran belaka. Apapun alasannya, salah tetaplah salah. Apapun alasannya, gak peka tetaplah gak peka. Apapun alasannya, Ibu itu harus dimuliakan, dan diperlakukan dengan sebaik-baiknya. Dan keadaan ini harus secepatnya berubah. Saatnya untuk saya membuka telepon genggam dan menulis: “Ibu lagi apa?”.

Bad Driburg, 13 Maret 2015

– Yoka –

Advertisements
About wahidyankf (186 Articles)
JavaScript Developer. His life-motto is "Learning, Dreaming, and Enjoying life".

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: