News Ticker

Platform Blog

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

In the name of Allah, the Most Beneficient, the Most Merciful

Beberapa waktu lalu sempat berpikir untuk mengganti platform blog pribadi, akan tetapi setelah dipikir-pikir, meskipun saya akan bisa mendapatkan fleksibilitas untuk mengatur tampilannya saya akan tetap menghadapi beberapa keterbatasan yang kalau dipikirkan lebih lama cukup besar:

  1. Keamanan blog. Pengalaman menjalankan beberapa platform di server sendiri mengajarkan bahwa tidak semua pengguna internet itu adalah baik. Dan dengan menggunakan server sendiri, maka keamanan ini akan menjadi salah satu hal yang harus rutin diperhatikan. Berbeda halnya dengan blogging di wordpress.com misalnya yang sudah menjamin keamanan dari blog kita.
  2. Fitur-fitur yang penting gak penting. Platform blog statis seperti jekyll atau pelican memang menawarkan kecepatan dan keamanan dibandingkan platform blog yang dinamis (seperti wordpress, dlsb) ketika dijalankan di server sendiri, akan tetapi ada beberapa fitur yang menurut saya cukup menarik dari blogging di wordpress.com. Fitur-fitur yang cukup menarik itu contohnya: auto post ke twitter untuk postingan baru, statistik blog instant dan aplikasi Android untuk wordpress.com (fakta menarik: postingan ini ditulis dengan menggunakan aplikasi wordpress di Android).
  3. Gratis. Salah satu hal yang saya inginkan adalah agar tulisan saya tetap eksis dan beredar selama mungkin di internet (bukankah itu salau satu tujuan blogging?), dan dengan menaruh tulisan di sini, maka saya tidak perlu takut untuk lupa membayar tagihan bulanan dari server. :p

Jadi kesimpulan yang saya dapatkan adalah untuk kebutuhan saya (menulis pendek dan sejenisnya), blogging di provider yang sudah lama saya gunakan (wordpress.com) adalah pilihan yang paling bijak untuk saat ini, karena saya bisa berorientasi kepada hasil, dan bukan menghabiskan waktu di kustomisasi ataupun perawatan platform. Dan kalau pun nanti saya tiba-tiba ingin memiliki blog dan/atau website yang bisa dikonfigurasi secara penuh, maka biarkanlah saat itu tiba, dan biarkan proses timbang menimbang dilakukan kembali. Akan tetapi sampai saat itu tiba, bukankah lebih baik untuk tidak memperbaiki sesuatu yang memang tidak rusak? :D

About wahidyankf (186 Articles)
JavaScript Developer. His life-motto is "Learning, Dreaming, and Enjoying life".

2 Comments on Platform Blog

  1. ciehyoka // July 18, 2016 at 21:58 // Reply

    ganteng banget mamang yoka

    Like

Leave a Reply

