News Ticker

Syirik dan Dosa Besar

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

In the name of Allah, the Most Beneficient, the Most Merciful

Berkali-kali kita menemukan ayat di dalam Al Qur’an yang menegaskan bahwa syirik (menyekutukan Allah atau menyembah selain Allah) adalah dosa yang sangat buruk seperti ayat:

إِنَّ اللَّهَ لَا يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَٰلِكَ لِمَن يَشَاءُ ۚ وَمَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدِ افْتَرَىٰ إِثْمًا عَظِيمًا

Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar. (An Nisa (4): 48)

atau ayat:

ذَٰلِكُم بِأَنَّهُ إِذَا دُعِيَ اللَّهُ وَحْدَهُ كَفَرْتُمْ ۖ وَإِن يُشْرَكْ بِهِ تُؤْمِنُوا ۚ فَالْحُكْمُ لِلَّهِ الْعَلِيِّ الْكَبِيرِ

Yang demikian itu adalah karena kamu kafir apabila Allah saja disembah. Dan kamu percaya apabila Allah dipersekutukan. Maka putusan (sekarang ini) adalah pada Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. (Ghafir (40): 12)

Namun kenapa? Kenapa Allah terlihat seperti haus akan perhatian? Padahal Dia lah Sang Pencipta alam semesta? Bukankah Dia lah Sang Maha Pengasih dan Penyayang? Mengapa perkara yang terlihat kecil ini begitu di besar-besarkan? Apa hikmah di balik semua ini?

Yang pertama tentunya adalah karena Allah menciptakan kita semata-mata untuk beribadah kepada Allah.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku. (Adh-Dhariyat (51): 56)

Kemudian, pernahkah terlintas di pikiran kita bahwa menyembah dzat selain Allah itu memiliki efek yang negatif? Ketika seseorang menyembah cinta, maka dia akan hanyut di dalam romantisme duniawi dan pemujaan kepada cinta. Ketika seseorang menyembah harta, maka segala cara akan dia halalkan untuk mendapatkan sebanyak mungkin harta. Dan ketika seseorang menyembah kekuasaan, maka bukan tidak mungkin korupsi dan pembunuhan merajalela. Allah ingin kita menjadi mahluk ciptaannya yang mulia, karena itulah Allah sangat menekankan bahwa kita hanya boleh menyembah Allah, dan tidak menyekutukannya dengan yang lain. Allah lah pencipta seluruh alam, dan hanya Allah lah yang paling mengetahui apa yang Dia ciptakan.

Dan Allah lah yang Maha Mengetahui – والله أعلم

About wahidyankf (178 Articles)
Computer Engineer. His life-motto is "Learning, Dreaming, and Enjoying life".

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: