News Ticker

Blogging dan Penggunaan Gambar Legal

Topik: Blogging
Panjang: ± 846 kata.
Waktu: ± 4 menit. 
TLDR: Tulisan ini merangkum tentang cara pencarian gambar legal dengan menggunakan situs pencari Google.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

In the name of Allah, the Most Beneficient, the Most Merciful

A picture paints a thousand words.

Hidup jomblo! Itulah yang biasa orang katakan. Begitu juga dengan dunia blogging, sebuah blog akan menjadi tampak lebih menarik jika kita menghiasinya dengan gambar yang sesuai dengan tema blog atau tulisan kita. Akan tetapi seperti halnya membuat tulisan, akan ada 2 kategori gambar di internet. Yaitu gambar yang bisa kita sertakan ke dalam tulisan/blog kita dan gambar yang tidak bisa kita masukkan ke dalam tulisan kita (karena tidak legal). Dan melalui tulisan ini saya akan mencoba untuk memaparkan bagaimana mencari gambar yang legal untuk kita masukkan ke dalam blog.

Berkenalan dengan Usage Rights

Usage Rights atau yang dalam bahasa Indonesia berarti hak penggunaan, adalah salah satu komponen dari tulisan/karya seseorang yang berisikan tentang hak penggunaan karya tersebut oleh orang lain. Artinya,  penggunaan suatu gambar (mencantumkan, menampilkan, dlsb.) di luar hak penggunaan yang dicantumkan oleh pemilik gambar tersebut adalah tindakan yang tidak legal dan bisa diproses secara hukum. Dan untuk gambar, pada dasarnya hak penggunaan gambar  yang ada di internet terbagi menjadi 5 tipe:

  1. Tidak boleh digunakan untuk keperluan apa pun selain oleh pencipta.
    Tipe gambar ini tidak boleh kita gunakan sama sekali, dan hanya penciptanyalah yang bisa menggunakan gambar tipe ini. Artinya, tidak boleh kita gunakan untuk gambar fitur di blog, digunakan sebagai latar belakang blog, dimasukkan ke dalam tulisan/postingan kita, dan lain sebagainya. Dan kalau pun gambar tipe ini boleh dipergunakan, maka kita wajib untuk mencantumkan sumber gambar kita (nama pencipta, sumber kita mengambil gambar, dlsb) seperti layaknya kaidah ilmiah.
  2. Boleh digunakan untuk keperluan non komersial namun memerlukan modifikasi.
    Tipe gambar ini hanya bisa kita gunakan untuk keperluan non komersial jika kita lakukan modifikasi kepada gambar tersebut. Artinya, gambar ini tidak bisa kita gunakan di tulisan/postingan yang kita gunakan untuk mencari penghasilan pribadi atau pun perusahaan. Selain itu, yang dimaksud dengan modifikasi di sini adalah tidak menyertakan gambar dalam bentuk aslinya. Adapun tentang modifikasi apa yang perlu kita lakukan tergantung dari tiap gambar tersebut dan bisa kita tanyakan kepada pencipta gambar tersebut.
  3. Boleh digunakan untuk keperluan non komersial tanpa memerlukan modifikasi.
    Sama seperti tipe gambar nomer 2, namun kita tidak perlu melakukan modifikasi apa pun untuk menyertakan gambar tersebut.
  4. Boleh digunakan untuk keperluan apa pun namun memerlukan modifikasi.
    Sama seperti tipe gambar nomer 2, namun kita bisa menggunakannya juga untuk keperluan komersial.
  5. Boleh digunakan untuk keperluan apa pun tanpa memerlukan modifikasi.
    Sama seperti tipe gambar nomer 3, namun kita bisa menggunakannya juga untuk keperluan komersial.

Lalu tipe gambar apa yang kita cari? Pada dasarnya semua tergantung kebutuhan, namun pada umumnya saya mencari tipe gambar nomer 5 untuk memudahkan saya ke depannya.

Cara Mencari Gambar Legal di Google

Pertanyaan berikutnya adalah: bagaimana kita bisa mendapatkan gambar yang hak penggunaannya sesuai dengan yang kita butuhkan? Berikut ini langkah demi langkah untuk mendapatkan gambar yang kita butuhkan tersebut.

1. Buka Google dan masukkan kata kunci yang kita inginkan

Buka google.com dan masukkan kata kunci yang kita inginkan. Jangan lupa klik tab pencarian dengan mengklik tombol images. Sebagai contoh, di gambar yang ada di bawah ini, saya melakukan pencarian gambar dengan kata kunci “lion” (Singa).

DRM Free Image - 0

2. Klik Search Tools

Kemudian kita pilih search tools dengan mengklik tulisan tersebut.

DRM Free Image - 1

Setelah kita mengklik search tools, maka halaman pencarian menampilkan beberapa menu tepat di bawah kita mengklik search tools. Di dalam menu ini kita akan menemukan usage rights sebagai salah satu menu yang ada di sana. Seperti namanya, usage rights ini adalah izin penggunaan dari gambar yang ditampilkan dari hasil pencarian kita. Dan ketika kita mengklik tombol usage rights, maka akan muncul beberapa sub menu seperti yang terlihat di bawah ini:

DRM Free Image - 2

3. Klik Usage Rights dan pilih kategori yang kita inginkan

Langkah berikutnya adalah memilih tipe gambar yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sebagai contoh, saya memilih tipe gambar yang bisa digunakan kembali sekehendak kita (tipe gambar nomer 5) dengan mengklik labeled for reuse.

DRM Free Image - 3

4. Unduh Gambar yang Kita Inginkan

Setelah kita melakukan langkah 3, maka gambar yang ditampilkan oleh halaman pencarian pun akan berubah. Sebagai contoh, halaman pencarian saya akan berubah menjadi seperti ini:

DRM Free Image - 4

Perhatikan bahwa tulisan usage rights pada menu berubah menjadi labeled for reuse. Perhatikan juga bahwa gambar yang ditampilkan bisa jadi sedikit berbeda dan di beberapa kasus akan membatasi pilihan kita. Hal ini adalah wajar, karena pada awalnya gambar yang ditampilkan oleh halaman pencarian adalah semua gambar yang bisa ditampilkan oleh situs pencarian tersebut, dan yang sekarang ditampilkan adalah gambar yang telah disaring sesuai dengan tipe hak penggunaan yang kita pilih.

Pergunakanlah Gambar yang Legal

Blog tanpa gambar ibarat hidup tanpa kehadiran kaum jomblo rendang.

Blog memang akan menjadi lebih menarik dan oke jika kita menyertakan gambar di dalam blog, namun demikian tidak semua gambar bisa kita gunakan di dalam blog kita. Pilihlah gambar yang hak penggunaannya sesuai dengan kebutuhan kita, walaupun itu berarti membatasi pilihan kita. Karena pada akhirnya, sama seperti halnya tulisan kita, kita tidak akan menginginkan jika suatu hari nanti gambar/foto yang kita ciptakan/jepret beredar di internet dan diklaim oleh orang lain (kecuali jika kita memang mengizinkan hal tersebut).

About wahidyankf (178 Articles)
Computer Engineer. His life-motto is "Learning, Dreaming, and Enjoying life".

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: